Sunday 2 June 2013

Kisah Seorang Lelaki Dengan Sedekahnya Yang Makbul


Nabi Muhammad saw berkata, Dahulu ada seorang lelaki bernazar, "Sungguh aku akan bersedekah dengan suatu sedekah." Kemudian ia keluar dari rumah membawa sesuatu dan menyerahkannya ke tangan seorang pencuri.

Melihat hal itu orang-orang pun mencemooh perbuatannya. Mereka berkata sinis, "Malam ini engkau bersedekah kepada seorang pencuri." Namun orang itu berkata dengan tenang. "Ya Alloh, segala puji bagi-Mu karena aku bisa bersedekah walaupun kepada seorang pencuri. Sungguh aku akan bersedekah lagi dengan sedekah yang lain."

Kemudian ia keluar dari rumah membawa sedekah dan menyerahkannya kepada ke tangan seorang perempuan pelacur. Melihat hal itu orang-orang pun mencemooh perbuatannya. Mereka berkata dengan sinis, "Malam ini engkau bersedekah kepada seorang wanita pezina." Namun lelaki itu dengan tenang berkata, "Ya Alloh, segala puji bagi-Mu karena aku bisa bersedekah walaupun kepada seorang perempuan pelacur. Sungguh aku akan bersedekah lagi dengan sedekah lain."

Kemudian ia keluar dari rumah membawa sedekahnya dan menyerahkannya ke tangan seorang kaya. Maka orang-orang pun menyalahkan perbuatannya. Mereka berkata dengan mencibir, "Malam ini engkau bersedekah kepada seorang kaya." Lelaki itu berkata dengan tenangnya, "Ya Alloh, segala puji bagi-Mu karena aku bisa bersedekah kepada seorang pencuri, perempuan pelacur, dan orang yang berpunya."

Pada malam itu, lelaki itu bermimpi mendengar suara yang mengatakan, "Adapun sedekahmu kepada si pencuri, maka mudah-mudahan dengan sedekahmu itu ia akan menjauhkan diri dari perbuatan mencuri. Sedangkan sedekahmu kepada perempuan pelacur, mudah-mudahan sedekahmu itu membuatnya menjauhkan diri dari zina. Dan sedekahmu kepada orang kaya, mudah-mudahan orang itu bisa mengambil pelajaran dari sedekahmu, sehingga ia mau menafkahkan harta yang di anugerahkan Alloh kepada orang lain."

(H.R. Al-Bukhari dan Muslim)


Rating: 3.5
◄ Posting Baru Posting Lama ►